Jumat, 31 Oktober 2008

TAI CHI CHUAN

TAI JI QUAN

Kita sering mendengar kata2 Tai Ji quan (baca: Tai Chi Chuan ) dan malah banyak pula diantara kita yang pernah atau sedang mendalami Tai Ji Quan, tetapi tidak sedikit yang menganggap Tai JI Quan hanyalah sebagai Senam Pernapasan untuk kesehatan tubuh atau hanya sebagai suatu aliran Seni Bela Diri saja. Sebenarnya bila kita berlatih Tai Chi Chuan sesuai dengan prinsip2 yang dikandungnya maka bukan saja Kesehatan Lahir Batin dan Tehnik2 Seni Bela Diri yang handal yang akan kita peroleh tetapi sesuatu yang lebih luhur akan dapat kita capai, yaitu pencapaian yang dapat dicapai bila kita bermeditasi yaitu Pencerahan/Kesadaran yang luhur.

Tai Ji Quan adalah Meditasi Gerak, karena waktu berlatih Tai Ji Quan banyak prinsip2 Tai Ji Quan yang sama bila kita sedang bermeditasi. Ada Naskah penganut ajaran Tao yang mengatakan: Longgarkan tubuh anda dan beristirahatlah dalam ruang yang kosong”. Bukankah kata2 “longgarkan tubuh anda” adalah sesuai dengan releks sepenuhnya dalam Tai Ji Quan? Ketika anda melonggarkan tubuh anda dan releks maka secara wajar Qi (baca: Chi/Energy) akan tenggelam ke Tan Tian dan ini sesuai dengan teori Qi Chen Dan Tian dalam latihan Tai Ji Quan.

Dasar yang penting dalam berlatih Tai Chi adalah Song atau kendur atau releks, konsentrasi yang disertai kesadaran, bebasnya pikiran dari emosi dan angan2, keseimbangan, irama, kelenturan dll.

Fang Song

MENGENDURKAN SELURUH TUBUH.

Mengendurkan tubuh atau Fangsong adalah yang Utama dan Dasar dari latihan Tai Ji Quan. Hal yang tak dapat diabaikan dan paling dituntut dalam berlatih Tai Ji Quan.

Hal yang sulit dalam berlatih Tai Ji dan juga merupakan ukuran dasar dan aspek yang begitu penting bagi penggemar Tai Ji Quan karena bila tubuh kita tidak Fangsong maka sulit untuk mendapatkan intinya ilmu Tai Ji Quan. Tidak sedikit yang tidak mengerti dengan jelas mengenai Fangsong, gerakanya canggung dan ngotot, ada yang gelisah dan postur tubuh yang dipaksakan dan menjadi keras. Ada yang hanya tahu berlatih jurus2 saja dan masih belum paham mengapa harus kendur dan bagaimana.

Latihan dengan pemahaman yang baik mengenai hal ini sangat penting. .

Fangsong/kendur/releks adalah metode khusus dalam berlatih Tai Ji Quan dengan tujuan menghilangkan kekerasan/kekakuan membina keluwesan kita sering mendengarnya dengan istilah Qu Jiang Qiu Rou 柔。

Berlatihlah dengan perasaan yang ringan dan senang, tidak ada perasaan gelisah atau tekanan. Setiap persendian anggota tubuh, organ tubuh sampai otot haruslah ulet dan kendur serta mengembang. Sepenuhnya perhatikan dan kendurkan bahu, pinggang, pinggul, kaki. Gunakanlah tulang punggung secara alami menopang berdiri, sedikitpun tenaga yang kaku tidaklah diperkenankan.

Gerakan harus lembut lincah , bebas dan lancar yang berarti: Tidak terburu-buru dan tidak lamban, tidak longgar/terpecah dan tidak mandek, tidak boleh rapuh dan tidak asal-asalan.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh bila kita dapat berlatih Tai Ji Quan dengan mengikuti prinsip2nya dengan benar.

-Fang song dapat membantu menghilangkan kelelahan. Terutama otak besar dapat menyesuaikan dan berpikiran dengan jernih serta dimurnikan. bersamaan dengan ini keempat anggota tubuh dan tulang2 secara menyeluruh mendapat rangsangan yang berguna hingga setiap sistim yang berhubungan saling berkoordinasi dan bermanfaat. Kondisi Batin dan Fisik seimbang dan sangat memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit.

-Merubah gerakan menjadi luwes, lincah dan terkoordinir, gerakan yang kaku keras dan canggung dapat dihindari.

-Qi Chen Dan Tian, , Fangsong akan mempermudah Qi (baca: chi/energy) turun/tenggelam ke Tantian hingga menjadi “ atas kosong bawah berisi” dan tubuh menjadi stabil dan ketika mengerahkan tenaga menjadi kuat dan mantap. Dapat dikatakan “Tidak bisa Fangsong maka waktu mengerahkan tenaga tenaga tidak akan dapat dikerahkan dengan sempurna.

-Dengan Fangsong kita dapat melatih Kesadaran karena dengan kesadaran maka kepekaan rasa dapat diperoleh. Dengan adanya kepekaan rasa maka Gaya Tenaga Tai Ji Quan dapat dipahami. Gaya Tenaga ini biasa disebut Qiao Jing 劲。

-Memperlancar peredaran darah dan Qi hingga mencapai apa yang disebut Shu Jin Huo Xie 血。 Memperlancar peredaran darah, merenggangkan otot dan persendian tulang, membantu metabolisme. Menghidari sesak napas, jantung berdebar bahkan memperlancar Qi yang macet, gula darah dan efef2 lainnya.

-Melatih kelembutan, membina keluwesan menjadi kekuatan. Hanya bila ada keluwesan baru dapat timbul kekuatan, Tidak ada keluwesan maka tidak ada kekuatan.

Qu Jiang Qiu Rou, Ji Rou Cheng Gang, Gang Rou Xiang Ji, 柔,积 刚,刚 济。Hilangkan kekerasan binalah keluwesan, binalah keluwesan menjadi kekuatan, kekuatan dan keluwesan saling mendukung.

Bersamaan waktu, dalam berlatih, kita dapat menemukan proses yang berarti dan betapa dalamnya Tai Ji Quan serta bertambahnya pengertian mengenai kaidah2 dan metode2 Tai Ji Quan.

Kamis, 16 Oktober 2008

ENAM LANGKAH

ENAM LANGKAH PENGAPIAN DAN PEMURNIAN.

  1. Timbulnya Yang ( ) ditandai dengan penampakan Yang atau Daya Hidup. Proses ini menunjukan mulai menyalahnya Api Kompor. Hanya ketika Dan Tian Bawah menjadi generator barulah dapat memanaskan ketiga Ketel Pemurnian. Diumpamakan juga sebagai Menempa Pedang, Menyalahkan Api, Menenangkan Diri dan Menguatkan Fondasi. Kompor atau dalam hal ini Dan Tian Bawah sering dihubungkan sebagai Fondasi atau Sumber Energy yang memungkinkan melakukan Pembersihan atau Pemurnian atas Jing Qi Shen )。
  2. Timbulnya Jing Qi Shen Murni. Prosesnya melibatkan penyatuan Jing dan pembersihan di Dan Tian Bawah ( )untuk dirubah dari Qi kotor menjadi Qi Murni atau Zhen Qi )。 Ketika napas turun ke Dan Tian Bawah dipertemukan oleh kenaikan Jing yang Murni maka Zhen Qi atau Vital Energy terbentuk. Hal ini disebut menyelamnya Api didalam Air, dimana Jing diumpamakan sebagai Air dan napas sebagai Api. Ketika Jing dipelihara didalam tubuh ia akan naik. Ketika pemurnian napas (Api) dikontrol maka nyalah Api akan turun. Ketika napsu birahi dilenyapkan, Jing atau generative energy tidak akan terboroskan. Ketika hati dikosongkan dari kemauan dan kemarahan Api akan turun. Penyelaman gerakan Api kebawah didalam gerakan Air keatas akan menghasilkan Zhen Qi.. Ini adalah yang dimaksud dengan Pemurnian Jing dalam perubahan menjadi Qi. Ketika Zhen Qi naik dan hati kosong dari kemelekatan dan napsu keinginan, Zhen Qi akan naik membuka gerbang yang menjaga Dan Tian Atas. Ketika Gerbang tidak terkunci lagi maka Shen yang Murni atau Ling Qi akan timbul.
  3. Setelah Jing Qi Shen bangkit maka perlu disatukan dan disimpan. Bila terpisahkan sendiri2 maka akan terhamburkan. Jing dan Qi mungkin dapat disimpan didalam tulang dan di Dan Tian Bawah serta Dan Tian Tengah. Qi juga dapat di sirkulasikan melalui meridian2 dalam tubuh. Dalam tingkat ini sangat dan sangat penting mencegah timbulnya bentuk2 pikiran atau Zhen Qi tidak akan bergabung. Pada saat penggabungan Jing Qi Shen, Zhen Qi harus melakukan Sirkulasi pertama melalui meridian2 lengkap satu putaran. Proses mengumpulkan ketiga energy tersebut dan menyatukannya ketingkat tidada perbedaan dengan keberadaan Xian Tian. Dengan manunggalnya Jing Qi Shen tersebut maka Jin Dan atau pill emas atau elixir terbentuk.
  4. Pengisian dan penyegelan. Setelah Qi dipersatukan maka “Container” harus disegel. Ini berarti pembukan bahwa Permata dapat dihamburkan sudah ditutup. Indra kita dapat berhubungan dengan dunia dan melalui hubungan tersebut timbullah napsu2 keinginan. Emosi dan kemarahan akan menghamburkan Qi dan napsu keinginan akan menghamburkan Shen. Jadi Penyimpanan dan Penyegelan adalah untuk mengatasi Emosi dan napsu keinginan.
  5. Xiao Zhou Tian . Mengelilingi Alam Kecil adalah Sirkulasi Jing Qi Shen melalui meridian Ren dan Tu.
  6. Pencucian.. Seringnya melakukan Xiao Zhou Tian akan membersihkan tubuh. Tubuh akan bebas dari bau badan dan kulit akan bercahaya. Pencucian juga menuju pembersihan hati dari Liu Yu Qi Qing ( )

Jumat, 10 Oktober 2008

XIAO ZHOU TIAN

XIAO ZHOU TIAN ( ) atau Sirkulasi Alam Kecil.

Yang dimaksud dengan Xiao Zhou Tian adalah bersirkulasinya energy yang telah dimurnikan atau Zhen Qi ( ) melalui saluran Jing Luo (baca Ching Luo) atau meridian didalam tubuh yaitu Tu Mo dan Ren Mo.

Jing Luo adalah saluran energy yang ada didalam tubuh kita. Secara singkat perlu kita ketahui bahwa didalam tubuh kita terdapat 12 Jing Luo yang berhubungan dengan Organ Tubuh, yaitu : Tai Yin Tangan Paru2, Shao Yin Tangan Jantung, Jie Yin Tangan Pericardium, Shao Yang Tangan – San Jiao, Tai Yang Tangan Usus Kecil, Yang Ming Tangan Usus Besar, Tai Yin Kaki – Limpa, Shao Yin Kaki Ginjal, Jie Yin Kaki Hati, Shao Yang Kaki Kandung Empedu, Tai Yang Kaki Kandung Kemih, Yang Ming Kaki Lambung..

Kemudian terdapat 8 Jing Luo Istimewa, sesuai dengan keadaan dan fungsinya masing2 dinamakan sebagai berikut: Ren, Tu, Zhong, Tai, Yang Jiao, Yin Jiao, Yang Wei dan Yin Wei.

Dalam pembicaraan kita mengenai Xiao Zhou Tian kita tidak akan membahas meridian2 tersebut kecuali Meridian Ren dan Tu. Dalam Xiao Zhou Tian kita berlatih menyadari dan mengarahkan Aliran Energy melalui Meridian Ren

dan Tu. Pada Meridian Ren terdapat 24 Xie Dao (baca:Sie Tao) dan pada Meridian Tu terdapat 28 Xie Dao yang dilalui energy (Qi) yang bersirkulasi. Secara structural Ren Mo terpusat pada pusar, dalam satu arah naik melalui bagian muka tubuh dan berakhir pada palate atau langit2 mulut.

Sesuai dengan Xiao Zhou Tian, ketika blockade antara Meridian Ren ( ) dan Tu dibuka maka terbentuklah saluran yang menghubungkan kedua Meridian tersebut hingga Qi dapat mengalir dalam gerakan sebuah lingkaran. Perut bawah akan dihubungkan dengan ubun2. Perut bawah disimbulkan sebagai Yin dan ubun2 sebagai Yang )。Konsekwensi dihubungkannya Meridian Ren dan Tu adalah bertemunya Air diperut bawah (Kan ) dengan Api (Li ) dikepala. Ini adalah pertemuan Kan dengan Li, menyelamnya Api didalam Air, menghasilkan pemulihan Qian dan Kun. Disebut juga sebagai kembalinya Roda Air atau kembalinya Jing ( ) ke Otak.

Dalam Xiao Zhou Tian energy bersirkulasi, dimulai dari Dan Tian (Qi Hai- 1.5 cun dibawah pusar) turun kebawah melalui meridian Ren dan Tu Xiedao2 penting lainnya, diantaranya adalah (saya tuliskan dalam ejaan bahasa Indonesia) : Kwan Yen – 2 cun dari batas atas symphysis pubis garis median tubuh, Ci Ku pada garis median tubuh atas symphysis pubis, menembus Hui Yin pada pertengahan perineum antara dubur dan alat kelamin, Cang Ciang ditengah-tengah antara dubur dan os coccygeus (Ujung tulang ekor), Ming Men pada tulang punggung diantara kedua ginjal, Tao Tao pada spinalis th 1, Ta Cui dibawah proc. Spinalis C7 setinggi pundak, Pai Hui pada ubun2, Yin Tang antara kedua alis mata (Tan Tian Atas), Su Liao tepat diujung hidung, Ren Cung dibawah hidung 1/3 atas jarak antara hidung dan tepi bibir atas, Cen Ciang tengah2 lekukan dibawah bibir bawah, Tien Tu tepat ditengah-tengah suprsternalis, Can Cung setinggi sela iga 4 ditengah-tengah antara putting susu, Cung Wan 4 cun diatas pusar disebut juga sebagai Tan Tian Tengah dan kemudian kembali ke Tan Tian bawah. Ini dikenal sebagai pencapaian yang kecil.

Ketika Energy (Qing Qi Shen) bersirkulasi keseluruh tubuh, dari kepala sampai kekaki dan keseluruh tubuh maka Da Chou Tian (baca: Ta Chou Tian ) tercapai. Ini dikenal sebagai pencapaian yang besar atau turunnya tiga api kebenaran.

Senin, 06 Oktober 2008

TENAGA DALAM

NEI GONG ( )

Internal Energy adalah Tenaga Dalam. Nei gong ( ) Tenaga dalam disini adalah Tiga macam energy dalam bentuk murni. Kita mengenalnya yang pertama sebagai Jing ( )atau Generative Energy yaitu suatu Zat yang bila masuk kekandung Sperma maka akan menjadi Sperma dan bila masuk keindung telur maka menjadi Telur/ Oval. Kemudian yang kedua Qi ( baca: Chi) adalah energy Vital dan yang ketiga adalah Shen atau Spiritual Energy/Ling Qi (灵 )。

Ketika kita dalam kandungan Ibu, ketiga energy ini, yaitu Jing Qi Shen ada dalam keadaan bentuk aslinya dan tidaklah ternoda.

Waktu pertama kali menarik napas, melakukan kegiatan sexual, berpikir melekat pada kebendaan dan keduniawian maka Jing Qi Shen tersebut menjadi tidak murni dan kehilangan kwalitas Xian Tian ( )

Proses merubahnya kembali kekeadaan semula atau aslinya adalah dengan mempersatukan Jing Qi Shen dan memurnikannya Pemurnian dan mempersatukan Jing Qi Shen tersebut adalah diumpamakan bagai melebur Logam Dasar menjadi Logam Murni dimana didalam wadah peleburan “Logam Dasar” tersebut dibersihkan dan dimurnikan.

Dalam proses peleburan tersebut biasanya kita mengenal istilah kompor atau anglo sebagai generator dan ketel sebagai wadah peleburan. Dalam pemurnian tersebut, Dan Tian bawah ( ) adalah tempat Api kimiawi dibentuk.

Jing Qi Shen masing2 dimurnikan dalam masing2 Ketel yaitu bawah, tengah dan atas. Pada tubuh fisik Dan Tian Atas ( ) adalah terpusat diantara kedua Alis Mata. Dan Tian Tengah ( ) terpusat di solar plexus dan Tan Tian Bawah terpusat satu inch dibawah pusar dalam Akupunkture disebut Qi Hai atau lautan energy.

Dan Tian ( ) bukanlah suatu titik point seperti dalam charka tetapi suatu area seperti ditunjukan dalam hurup Tian yang berarti sawah.

Dalam proses pemurnian seringkali kita mendengar kata2 sebagai berikut:

Lian Jing Hoa Qi, Lian Qi Hoa Shen, Lian Shen Hoa Wu Qi…

气,练 神,练 。。。

Melatih Jing (Generative Energy) merubah dan memurnikannya menjadi Qi (Energy Murni/Zhen Qi ( ) yaitu Energy yang tak dapat diraba).

Melatih Qi (Energy Murni ) merubah dan memurnikannya menjadi Ling Qi (Spiritual Energy) atau Shen )。 Ling Qi tidak berbentuk dan dapat disalurkan ke organ2 tubuh dan keseluruh tubuh. Bila tubuh terisi oleh energy ini, tingkat ini dikenal sebagai Wu Xing (Lima Elemen ) kembali keasalnya.

Melatih Shen (Spiritual Energy) memasuki Alam Wu Ji. Pada tingkat ini Kan (Air) berinteraksi dengan Li (Api). Ini adalah penyelaman Api didalam Air (Immersion of Fire in Water), Yuan Shen diproses ke penyempurnaan, kembali keasal muasal yaitu Alam Wu Ji . Tingkat ini dikenal sebagai pengembangan dari Yuan Shen kembali pada “kekosongan” atau bila kita bandingkan dengan Ajaran Buddha kekosongan ini berarti kesunyataan, kemudian pengembangan kekosongan/void manunggal dengan Tao.

Dimanakah letak Gerbang Menuju Keabadian tersebut?

Penganut Ajaran Tao menamakannya sebagai Xuan Guan atau Gerbang Misterius atau Lembah Spirit. Gerbang atau pintu berarti membuka dan lembah berarti menunjukan kekosongan/Void.

Pada tingkat fisik Lembah Spirit adalah Ming Men atau Gerbang Kehidupan terletak pada tulang belakang diantara kedua Ginjal. Ming Men mengontrol pergerakannya Jing (generative energy) di Dan Tian Bawah (daerah dibawah pusar).

Pada tingkat spiritual adalah kesadaran yang terbebas dari sensasi2 Enam Napsu Indra yaitu Lima Indra ditambah dengan Pikiran (bentuk2 Pikiran) kita kenal sebagai Liu Yi dan Emosi biasa disebut sebagai Qi Qing atau Tujuh macam Emosi yaitu Senang, Marah, Sedih, Takut, Asmara, Dengki dan Ambisi, Xi Nu Ai Ju Ai E Yu )。

Sabtu, 04 Oktober 2008

Xiu Lian


Mudah-mudahan artikel di bawah ini ada yang suka membacanya dan mengerti apa yang dimaksudkan. Artikel-artikel yang saya tuliskan adalah hasil dari apa yang saya baca dari buku-buku dan dari apa yang saya dapatkan secara lisan dari orang tua saya dan guru-guru saya.
Umur saya sekarang sekitar 62 atau 63 tahunan, sejak kecil saya sudah tergila-gila belajar Kunthauw / Kung Fu dan kemudian berusaha mendalami Tai Chi Chuan. Tetapi rupanya bukanlah hal yang mudah untuk mempelajari Tai Chi Chuan sebagai Tai ji xiu lian ( Tai Chi sebagai Meditasi Gerak) atau sebagai seni bela diri, jadi saya sendiri masih berusaha untuk dapat mencapai tingkat yang dapat dikatakan baik.
Mudah-mudahan tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat bagi yang tertarik dalam Xiu Lian dan Tai Chi Chuan.
DASAR XIU LIAN
Xiu Lian adalah Meditasi dari Ajaran Tao yang melatih hati dan memurnikan Watak Sejati atau XingXiu xin lian xing . Watak Sejati yang murni adalah selaras dengan Tao, setelah selaras degan Tao berarti telah kembali kepada Tao. Sebenarnya tidak dapat dikatakan kembali kepada Tao karena sesungguhnya kita ada didalam Tao dan Tao ada didalam diri kita.
Seperti Zhuang Zi berkata: Ikan-ikan hidup di dalam air tetapi tidak menyadarinya. Manusia hidup di dalam Tao tetapi melupakannya. Jadi kata-kata kembali kepada Tao dapat diartikan sebagai Pencerahan akan Tao.
Dalam Ajaran Tao dikatakan segala-galanya berproses atau berkembang dari Tao. Sesuatu yang berproses atau berkembang tetap mempertahankan hubungan dengan asal muasalnya atau induknya.
Buah mangga bukanlah diciptakan atau dibuat oleh pohon mangga tetapi berbuah secara alamiah dari pohon mangga. Karena itu tanah, akar, batang, bunga dan buah merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Begitu juga Alam semesta yang mempunyai beranekaragam benda-benda termasuk mahkluk hidup didalamnya adalah satu kesatuan dan tak terpisahkan dari Tao.
Wu Ji ( ) melahirkan Tai Ji (太 极), ketika Tai Ji bergerak ( Dong ,动 ) lahirlah Yang atau energy positive,
Ketika pergerakan mencapai titik klimaks timbullah Ketenangan (Jing ) dan lahirlah Yin atau energy negative.
Demikianlah Pergerakan dan Ketenangan saling mengikuti. Yin dan Yang, Ketenangan dan Pergerakan atau Diam dan Gerak adalah kekuatan dari Penciptaan (Force of Creation).
Dari Yang dan Yin terciptalah Elemen2 : Jin (emas/logam) , Shui (air), Mu (kayu), Huo (Api), Tu (Tanah). Kelima elemen saling mendukung dan menghasilkan empat musim. Lima Elemen berasal dari Yin Yang, Yin Yang berasal dari Tai Ji dan Tai Ji berasal dari Wu Ji.
Dari Lima Elemen dan Inti dari Wu Ji timbullah Generative Energy atau Jing .
Dari jalan Langit, Qian , lahirlah laki2. Mengikuti jalan Bumi, Kun , lahirlah Perempuan. Bersatunya Qian dan Kun timbullah tak terhitung benda-benda, Wan Wu . Wan Wu mengembangkan dan mendukung semua benda yang berasal dari Wu Ji.
Wu Ji adalah Xian Tian 天,yaitu keadaan yang harmoni dan selaras dengan Tao.
Keadaan sekarang disebut Hou Tian 天,dimana sudah adanya kehidupan seperti sekarang dan alam tidaklah seharmoni dan tidak begitu sempurna seperti dalam Xian Tian.
Untuk mencapai pembebasan yaitu pembebasan dari keinginan dan pandangan yang palsu maka kita harus kembali kealam Xian Tian. Tentu kita akan bertanya, pandangan dan keinginan palsu yang bagaimana?
Misalnya buah mangga yang harum dan manis dan karena keharuman dan manisnya maka menjadi sombong dan mengira bahwa dirinya lebih baik dari yang lainnya. Ia memandang rendah Bunga yang lebih cepat layu, batang yang kelihatannya buruk atau Tanah yang dianggapnya kotor. Bukankah pandangan seperti itu palsu? Karena tanpa tanah yang kotor atau bunga yang lebih cepat layu tidak akan ada buah mangga yang harum dan manis. Buah mangga harus membebaskan dirinya dari pandangan yang palsu dan harus dapat menerima keadaan alamiahnya yang sesungguhnya.
Kembali kepada Tao adalah perubahan dari Hou Tian menjadi Xian Tian atau kembali kepada Original Nature, kembali kepada Asal Muasal Alamiah kita yaitu menuju Panjang UmurZhang sheng bu lao ( ) dan kemudian pada Keabadian.
Dalam Ajaran Tao pencapaian Kesehatan dan Panjang Umur adalah diumpamakan dengan mengolah Logam dasar menjadi Logam Murni.
Prosesnya adalah mengenai mengumpulkan (Gathering), Memurnikan (purifying, Menyimpan (Storing) Internal Energy didalam tubuh. Proses ini adalah memurnikan benih Yuan Shen ( ) yang merupakan inti kesehatan dan panjang umur.